Barang Yang Perlu Dibawa Oleh Calon Jamaah Haji

Barang Yang Perlu Dibawa Oleh Calon Jamaah Haji – Membawa perlengkapan umrah adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh jamaah agar bisa melaksanakan ibadah umrah dengan baik.

Barang Yang Perlu Dibawa Oleh Calon Jamaah Haji – Jika Anda tidak membawa barang perlengkapan umrah dengan baik, maka Anda akan merasa bingung dan kerepotan. Bahkan untuk benda-benda penunjang yang kecil dan sepele.

Setelah mengemasi barang kebutuhan dasar, selalu periksa kembali apakah kamu telah mengemasi barang-barang yang penting lainnya. Berikut beberapa barang penting yang wajib dibawa oleh para calon jamaah haji atau umroh baik perempuan maupun laki-laki.

Busana dan Aksesorisnya

Untuk busana, Anda bisa mengelompokkan menjadi 2 yakni busana saat ihram dan busana saat tidak ihram. Untuk laki-laki, busana ihram ditentukan khusus yakni dua lembar kain yang tidak dijahit.

Perlu diperhatikan, bahwa pakaian ihram laki-laki tidak boleh ada jahitan sama sekali, artinya Anda juga tidak diperbolehkan mengenakan pakaian dalam (kaos dan celana) yang berjahit/membentuk lekuk tubuh.

Anda bisa menggunakan aksesoris berupa sabuk atau ikat pinggang khusus pakaian ihram. Biasanya ada kantong atau dompet untuk menaruh benda kecil seperti ponsel.

Untuk perempuan, Anda bisa menggunakan pakaian apa saja untuk ihram seperti jubah/dress dan khimar. Intinya pakaian yang menutup aurat seperti saat Anda melakukan shalat. Wanita tidak boleh menggunakan cadar dan kaos tangan saat ihram.

Untuk aksesoris tambahan seperti kaos kaki, manset lengan, ciput, pakaian dalam dan sebagainya bisa Anda bawa secukupnya, jangan terlalu banyak juga karena akan memenuhi bagasi.

Untuk pakaian di luar ihram, Anda bisa mengenakan seragam yang diberikan oleh travel umroh Anda, serta membawa beberapa stel untuk kegiatan setelah umrah. Gunakan selalu pakaian yang sopan dan menutup aurat.

Alas Kaki

Alas kaki ini penting, namun sering dilupakan. Baik dalam memilih model serta jumlah saat membawanya ke Baitullah. Untuk laki laki, pilih model yang tidak menutupi mata kaki. Untuk wanita bebas saja. Jangan lupa untuk membawa tas kecil khusus untuk kemasan sandal.

Sepatu/sandal cadangan adalah barang untuk umrah yang harus dibawa, agar saat alas kaki Anda hilang sudah ada gantinya.

Koper dan Tas

Menyiapkan koper yang cukup dan sesuai dengan kapasitas bagasi yang disediakan merupakan keharusan. Anda bisa membawa koper yang kualitasnya baik, dengan kunci tambahan untuk mengamankan barang bawaan Anda.

Tas yang bisa Anda bawa ada dua, yakni tas berukuran sedang untuk diletakkan di kabin pesawat dan tas slempang kecil atau tas pinggang yang bisa Anda bawa kemanapun.

Dokumen Penunjang

Anda harus senantiasa mengecek agar dokumen penting penunjang umroh seperti tiket pesawat, visa, kartu vaksin, paspor, dan lain-lain tidak tertinggal. Luangkan waktu untuk memeriksa secara berkala dokumen ini, supaya tidak menghambat Anda saat berurusan dengan petugas imigrasi dan pihak berwenang lainnya.

Uang Tunai

Siapkan uang tunai Riyal secukupnya, agar memudahkan Anda dalam bertransaksi di tanah suci. Letakkan sebagian di dompet, dan sebagian lagi di tempat terpisah, supaya jika naudzubillah ada musibah kehilangan, Anda masih punya cadangan uang untuk pegangan.

Ponsel dan Charger

Anda pastinya membutuhkan alat komunikasi di tanah suci, baik untuk komunikasi dengan muthawwif dan teman satu rombongan umroh maupun menghubungi keluarga di tanah air.

Bawalah ponsel dan charger, serta perlengkapan lain seperti colokan, power bank, dan headset/earphone. Miliki sebuah kantung kecil kedap air yang bisa meringkas barang-barang Anda tersebut.

Perlengkapan Mandi

Barang Yang Perlu Dibawa Oleh Calon Jamaah Haji-Barang untuk umrah berikutnya adalah perlengkapan mandi standar seperti sabun mandi, sikat, odol, dan shampo bisa Anda siapkan. Pilihlah yang non perfumed, karena Anda tidak bisa menggunakan item yang mengandung parfum saat ihram.

Perlengkapan Makan dan Minum

Untuk perlengkapan makan dan minum, sebenarnya opsional karena biasanya barang-barang ini sudah disediakan oleh travel umroh. Namun, untuk berjaga-jaga, bawalah mangkuk, piring, gelas, dan sendok tambahan agar saat membutuhkannya Anda tidak bingung beli di mana.

Terutama, bawalah botol air minum yang bisa dipakai berulang-ulang. Botol ini bermanfaat bagi Anda saat ingin menampung dan meminum air zam-zam.

Obat-obatan Pribadi

Jika Anda memiliki keluhan penyakit yang membutuhkan pengobatan khusus, sebaiknya Anda membawa obat-obatan pribadi yang bisa Anda gunakan saat penyakit tersebut kambuh.

Obat-obatan dasar dan P3K biasanya telah travel umroh siapkan untuk jamaah. Anda bisa membawa beberapa masker, plaster luka, dan minyak angin untuk berjaga-jaga.

Namun ingat, jangan menggunakan minyak angin yang mengandung aroma therapy karena bisa dikategorikan sebagai wewangian (untuk kehati-hatian saat berihram).

Panduan Doa dan Peta

Tak kalah pentingnya, bagi Anda yang masih kesulitan menghafalkan doa, Anda bisa membawa buku panduan doa dari Kemenag, atau Anda bisa meringkasnya sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, catatan doa-doa yang belum Anda hafal saja.

Kemudian peta atau denah lokasi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga penting, agar saat naudzubillah Anda tersesat, Anda tidak terlalu bingung memahami lokasi Anda.

Alternatif lain dari keduanya adalah Anda mengunduh panduan doa dan peta di ponsel Anda, supaya lebih ringkas.

Wah, ternyata banyak juga ya barang untuk umrah yang harus disiapkan. Saran, jangan terlalu berlebihan membawa barang yang sekiranya bisa Anda beli di tanah suci.

Termasuk jangan membawa barang yang jelas dilarang, sehingga Anda tidak kerepotan membongkar tas dan koper Anda saat barang tersebut tertahan di imigrasi bandara.

Biasanya, travel umroh Anda akan memberikan panduan tentang barang-barang ini yang mereka sampaikan ke jamaah saat manasik umroh. Travel umroh yang baik, akan memberikan pelayanan terbaik dengan sistem yang jelas dan mudah dipahami jamaahnya.