Tips Mengelola Keuangan Untuk Haji

Mengelola Keuangan Untuk Haji – Bekerja tanpa punya target yang harus dicapai bagaikan layang-layang putus tak tentu arahnya. Jika kamu kini sudah memiliki pekerjaan yang mapan, segeralah mengatur keuangan. Alokasikan untuk biaya hidup, tabungan investasi dan simpanan naik haji bagi yang telah terpanggil ke Tanah Suci.

Mengelola Keuangan Untuk Haji – Sebagai umat muslim, pergi ke tanah suci menjadi sesuatu yang didambakan. Tak heran, banyak orang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar demi menjalankan ibadah haji. Butuh planning yang matang. Apalagi buat generasi milenial saat ini. Cara mudah untuk mempersiapkan daftar haji yaitu dengan mempersiapkan tabungan haji sejak dini.

Memang, awalnya pasti tidak mudah untuk menerapkannya. Perilaku konsumtif yang tinggi membuat banyak anak muda sulit untuk membuat rencana keuangan yang matang. Sehingga tak sedikit dari mereka berpikir bahwa menabung itu sulit. Padahal tidak sesulit yang dibayangkan, kamu dapat mengikuti sejumlah tips menabung berikut.

Mulai Prioritaskan Pengeluaran

Niat saja tak cukup jika tidak dibarengi dengan tekad. Jika kamu mempunyai keinginan yang kuat untuk pergi haji, jadikan hal itu sebagai prioritas. Jangan tergoda memakai uang tabungan untuk hal yang sekiranya tidak perlu, seperti berbelanja, nongkrong, dan lainnya. Tanpa niat dan tekad yang kuat, tentu akan sulit bagi kamu untuk mengumpulkan dana haji, mulai sekarang waktunya kamu melakukan pengaturan keuangan yang benar. Buat skala prioritas pengeluaran setiap bulannya agar gaji tak habis sia-sia. Hapus pengeluaran yang nggak terlalu penting dan alokasikan dananya untuk menambah tabungan.

Bikin Catatan Keuangan

Perencanaan keuangan sudah menjadi ilmu mutlak dan dibutuhkan. Membuat catatan keuangan mungkin terdengar sepele, tapi cara ini sangat membantu kamu agar bisa berhemat. Kamu dapat memantau pemasukan dan pengeluaran secara jelas. Selain itu, kamu juga lebih mudah mengatur arus kas, menekan nafsu keinginan, fokus pada kebutuhan, punya sisa uang bulanan, dan lainnya. Siapkan buku catatan kecil untuk mulai mencatat semua hal yang berkaitan dengan keuanganmu. Kalau nggak mau ribet, kamu bisa download berbagai aplikasi money manager yang tersedia di Playstore atau App Store. Alokasikan dana khusus untuk daftar haji.

Ketahui Kemampuan dan Kondisi Keuangan

Pergi ibadah haji memang butuh biaya yang tak sedikit. Tapi ingat, harus disesuaikan dengan kemampuan finansial mu juga. Tidak baik memaksakan diri untuk menabung semua uang yang kamu miliki. Kamu pun bisa merasakan kesulitan keuangan nantinya. Sebelum membuat perencanaan dan tabungan haji, alangkah baiknya untuk memastikan bahwa kamu memiliki uang yang cukup. Jika masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan keperluan mendadak lainnya, jangan dipaksakan.

 Siapkan Tabungan Khusus Naik Haji

Demi bisa mewujudkan niat haji yang begitu kuat di dalam hati, tak ada salahnya kamu mulai mempersiapkan tabungan khusus berangkat haji. Buat rekening khusus dana haji dan setor rutin setiap bulannya setelah gajian, sebelum menganggarkan pengeluaran yang lain. Cara ini bisa membantu agar dana haji bertambah secara rutin setiap bulannya, sehingga keinginan untuk mewujudkan naik haji di usia muda dapat terlaksana. Dengan pengelolaan keuangan yang tepat, secara perlahan impian naik haji pun ada di genggaman, bukan? Selamat menunaikan ibadah haji, ya!