Paket
Fasilitas
Galeri
Chat me

Fix ! Vaksin Miningitis Tidak Wajib untuk Jamaah Umroh

Alhamdulillah per tanggal 11 November, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan pernyataan bahwa vaksin miningitis tidak wajib menjadi prasyarat bagi mereka yang berangkat ke Arab Saudi dengan visa umroh. Namun prasyarat vaksin meningitis masih menjadi wajib bagi jamaah haji.

Sehubungan dengan turunnya surat edaran dari Kementerian Kesehatan RI Nomor: HK.02.02/C.I/9325/2022 tentang Pelaksanaan Vaksin Meningitis bagi Jemaah Haji dan Umrah, maka FK Patuh memberikan pernyataan sebagai berikut:

1. FK Patuh Jawa Timur telah melakukan koordinasi dengan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) kelas 1 Juanda dan KKP menyatakan bahwa surat tersebut adalah benar dari Kemenkes RI.

2. Terhitung mulai Senin, 14 November 2022, FK Patuh menghentikan pendaftaran vaksin meningitis secara offline. Bagi yg sudah terlanjur mendaftar lewat google form, mohon diabaikan.

3. Counter KKP untuk pemeriksaan vaksin jemaah umrah di Juanda ditutup mulai Selasa (15/11).

4. Bagi jemaah umrah yg tetap ingin melakukan vaksin atas kesadaran sendiri, atau karena komorbid, mk KKP tetap akan memberikan pelayanan vaksin mm atau vaksin lainnya.

5. FK Patuh mengucapkan terima kasih kepada KKP Ditjen P2P Kemenkes atas kerjasama selama ini, semoga ke depan perlindungan kesehatan pada masyarakat akan lebih baik lagi.

Baca Juga: Travel Umroh Surabaya Terpercaya Murah

Kerajaan Arab Saudi melalui Kedutaan Besar Saudi Arabia (KBSA) juga dikabarkan telah merilis edaran terkait regulasi vaksin meningitis bagi jemaah haji dan umrah. Surat edaran ini diterima oleh AMPHURI (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia) per 8 November 2022.

Berdasarkan surat yang ditandatangani oleh Bagian Konsuler KBSA tersebut, pihak kedutaan telah menerima telegram dari otoritas yang berwenang di Kerajaan Arab Saudi. Isinya tertulis bahwa vaksin meningitis hanya diwajibkan bagi mereka yang datang ke Arab Saudi dengan visa haji.

Meski vaksin miningitis tidak wajib, berdasarkan ketetapan yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha tersebut, tidak ada larangan bagi jemaah umrah yang tetap ingin melakukan vaksinasi meningitis sebagai upaya perlindungan kesehatan.

Lebih lanjut, Kemenkes masih merekomendasikan vaksinasi meningitis bagi mereka yang memiliki catatan komorbid. Vaksinasi juga tetap dapat dilaksanakan di layanan fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan layanan vaksinasi internasional.

DOWNLOAD : SK KEMENKES TENTANG VAKSIN MININGITIS

 

umroh akhir tahun

Agen Travel Umroh Surabaya terpercaya dengan pembimbing terbaik, menjadikan perjalanan ibadah Anda lebih bermakna.

Nomor Izin U.491 Tahun 2021

Email
admin@nhumroh.com

Follow Kami :
Lokasi

Head Office
Perum IKIP Gunung Anyar B48, Surabaya

Copyright © 2022 PT Nur Hamdalah Prima Wisata