Paket
Fasilitas
Galeri
Chat me

Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jumat

Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jumat – Hari Jumat bagi umat Islam merupakan hari paling istimewa dan banyak keberkahan di dalamnya. Karena itu, sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah. Salah satunya membaca Surat Al Kahfi tiap Jumat.  Membaca Surat Al Kahfi bisa dilakukan pada malam Jumat atau Hari Jumat. Rasululullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan sejumlah sahabatnya menyebutkan sejumlah keutamaan bagi orang yang membaca Surat Al Kahfi tiap Jumat.

  1. Menghindarkan diri dari fitnah Dajjal

Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jumat – Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata; Rasulullah SAW bersabda,”Siapa yang membaca Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan menerangkannya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanya antara dua Jumat. (HR. Abu Bakr bin Mardawalh.)

  1. Diampuni dosa-dosanya

Imam Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Umar,” Barang siapa membaca surah Al Kahfi pada hari jum’at maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak pada hari kiamat. Dan dosanya akan diampuni di antara dua Jumat.”

  1. Rumahnya tidak akan dimasuki setan

Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal,” Rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al Kahfi atau Al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.”

  1. Dipancarkan cahaya sejauh dirinya dan Ka’bah

Diriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id al-Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada malam jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dan Baitul ‘Atiq (Ka’bah).” (Suran Ad-Darami, no. 3273).

  1. Dipancarkan cahaya diantara dua Jumat

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri ra,”Barangsiapa membaca surah al-Kahfi pada hari Jumat maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jumat.”

  1. Dijaga doa di antara dua Jumat

Abdullah bin Umar ra berkata; Rasulullah bersabda,”Siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit akan meneranginya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanya antara dua Jumat.”

  1. Disinari di hari kiamat

Imam Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Umar,”Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada hari jum’at maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak di hari kiamat.”

Dari surat Al Kahfi ini, kita bisa tahu bahwa segala sesuatu harus dilandaskan dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Dengan begitu, semua hal yang kita lakukan akan senantiasa diberkahi dan diridhoi oleh Allah.

Bagaimana pun, membaca surat Al Kahfi ini punya banyak sekali hikmah dan keutamaan yang menyertai. Untuk itu, mulai biasakan membaca Al Kahfi pada hari Jum’at, malam Jum’at atau hari lainnya agar memproleh semua keutamannya.

 

Agen Travel Umroh Surabaya terpercaya dengan pembimbing terbaik, menjadikan perjalanan ibadah Anda lebih bermakna.

Nomor Izin U.491 Tahun 2021

Kontak

Head Office
Perum IKIP Gunung Anyar B48, Surabaya

Email
admin@nhumroh.com

Follow Kami :

Copyright © 2022 PT Nur Hamdalah Prima Wisata

0