Paket
Fasilitas
Galeri
Chat me

Sumur Adzaq, Mata Air Kegembiraan

Mengenal Sumur Adzaq

sumur adzaq, mata air kegembiraan

Sebuah masjid bersejarah penting di Madinah Yaitu Masjid Quba. Ternyata, di sebelah barat (ke arah selatan) terdapat sebuah sumur bernama Sumur Adzaq.

Di dekat Masjid Quba, ada area gugusan hutan pohon kurma yang lebat batang dan buahnya. Hutan kurma ini mendapatkan pengairan dari sumur yang memancarkan mata air yang tak pernah kering setiap musim. Oleh sebab itu, area ini dinamakan Adzaq.Sumur Adzaq terletak tepat di pekarangan rumah Bani Amr bin Auf. Sumur ini telah ada sebelum Rasulullah datang ke Madinah. Kemudian menjadi bernilai sejarah karena di sinilah tempat pertama kali Rasulullah disambut masyarakat Madinah.

Tatkala orang-orang Madinah mengetahui kabar hijrahnya Nabi dari kota Mekkah, maka mereka setiap hari keluar rumah dan berkumpul Al-Hurra. Kebiasaan itu selalu mereka lakukan berhari-hari, demi penantian utusan Allah Subahahu Wa Ta’ala.

Sampai suatu hari, ketika mereka sudah kembali ke rumah masing-masing, tersiar kabar Rasulullah saw sudah sampai di batas kota Madinah. Kabar itu berasal dari seorang Yahudi yang melihat sosok yang memancarkan sinar keteduhan, sehingga ia tak sanggup berkata-kata. Masyarakat Anshar dari suku Aus, Khazraj, dan lainnya akhirnya datang menyambut Rasulullah saw dengan suka cita di area lahan yang terdapat sumur Adzaq ini.

Ketika tiba, Rasulullah tak langsung masuk rumah melainkan memilih beristirahat di tengah kebun kurma yang beliau sebut sebagai kebun al-mustadzaq. Tepat di sebelah tempat duduk beliau, mata air yang jernih mengalir. Nabi Muhammad Saw. menunjuknya seraya berucap: “Itu sumur Adzaq”.

Lalu orang-orang Anshar bergegas mengambilkan air dari sumur Adzaq untuknya. Semuanya berbahagia dan menganggap sumur Adzaq diberkahi, tidak hanya menyumburkan kebun kurma, tetapi menjadi tempat yang diberkahi atas kedatangan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Menengok Sumur Yang Tidak Pernah Kering Dari Zaman Rasulullah SAW, Masih Mengalir Deras dan Bersih Hingga Kini

 sumur adzaq Masih Mengalir Deras dan Bersih Hingga Kini

Meski kini telah tiada, peninggalan-peninggalan Rasulullah selalu menjadi perhatian banyak orang. Mulai dari pakaian hingga makam, banyak orang selalu antusias untuk dapat menyaksikannya secara langsung.

Seolah penuh mukjizat, bahkan ada sebuah sumur dari zaman Rasulullah yang airnya masih terus mengalir sampai saat ini.

Meski sumur tersebut dikelilingi sebuah bangunan, para pengunjung tetap bisa melihat air yang dikeluarkan. Air dari sumur tersebut mengalir tepat di sebelah bangunan berwarna oranye.

Tampak jelas bahwa air dari sumur tersebut masih terus mengalir dengan deras. Air yang keluar dari sumur tersebut juga terlihat sangat jernih.

Rasa Air Sumur Adzaq, Manis

Rasa Air Sumur Adzaq, Manis

Berbeda dengan air sumur pada umumnya, air sumur yang sudah ada sejak zaman Rasulullah ini memiliki rasa yang sedikit manis. Hal ini diungkapkan oleh salah satu pemandu dalam video Alman Mulyana. Sempat dikira memiliki rasa yang sedikit asin, air dari sumur ini justru terasa manis.

Sumur Azdaq bernilai sejarah karena pertama kali Rasulullah datang di kota Madinah disambut di sini. Masyarakat Anshar dari suku Aus, Khazraj, dan lainnya datang untuk menyambut Rasulullah saw dengan suka cita di areal lahan yang terdapat sumur Azdaq ini.

Disebut Azdaq sebab di areal ini kedapatan gugusan hutan pohon kurma yang lebat batang dan buahnya. Hutan kurma ini mendapatkan pengairan dari sumur yang memancarkan mata air yang tak pernah kering di segala musim. Oleh sebab itu, masyarakat Madinah menyebut sumur itu dengan Azdaq.

Potret Sumur Peninggalan Nabi Muhammad SAW, Tak Pernah Kering Abadi Hingga Kini

sumur adzaq yang Tak Pernah Kering

Nabi Muhammad SAW memiliki banyak kisah yang patut diteladani oleh umat muslim. Beliau merupakan sangat dicintai Allah SWT.

Dalam kisahnya, Nabi Muhammad SAW memiliki banyak peninggalan di Madinah salah satunya adalah sumur. Sumur Adzaq merupakan salah satu sumur peninggalan dari Nabi Muhammad SAW. Begitu menakjubkan, konon sumur ini tak pernah mengalami kekeringan sedikitpun semenjak peninggalan sang rasul.

Begitu istimewa, sumur bernama Adzaq tersebut diketahui memang tidak pernah mengalami kekeringan dari zaman rasul.

Sumur Adzaq Terletak di Samping Rumah Zaman Nabi Muhammad

Diketahui, sumur Adzaq terletak tak jauh dari lingkungan rumah yang dulu sempat ditempati oleh rasul. Sumur yang tak pernah kering tersebut tepatnya ada di samping rumah zaman Nabi Muhammad.

Baca Juga : travel umrah terbaik dan termurah

No WA       : 082117863941

 

 

 

 

 

 

Agen Travel Umroh Surabaya terpercaya dengan pembimbing terbaik, menjadikan perjalanan ibadah Anda lebih bermakna.

Nomor Izin U.491 Tahun 2021

Email
admin@nhumroh.com

Follow Kami :
Lokasi

Head Office
Perum IKIP Gunung Anyar B48, Surabaya

Copyright © 2022 PT Nur Hamdalah Prima Wisata