Paket
Fasilitas
Galeri
Chat me

Niat Umroh yang wajib di ketahui

Niat Umroh

Niat Umroh, Ibadah umroh merupakan ibadah ziarah ke kota Mekkah dengan melaksanakan beberapa amalan mulai dari niat/ ihram, tawaf, sa’i hingga diakhiri dengan memotong rambut. Seperti diketahui, ibadah umroh merupakan salah satu sunnah yang dilaksanakan di tanah suci. Ibadah ini juga dikenal dengan istilah “haji kecil” yang waktu pengerjaannya berbeda dengan waktu pelaksanaan ibadah haji.

Umroh sendiri berarti ‘az-ziyarah’ atau dalam bahasa Indonesia berarti ziarah atau berkunjung. Dalam agama Islam, umroh berarti berziarah atau berkunjung ke Baitullah untuk melaksanakan rukun dan sunnah umroh.

Adapun hukum ibadah umrah adalah berbeda-beda dari tiap imam. Seperti menukil dari Imam Syafi’i dan Imam Hambali, hukum umroh adalah wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi mereka yang mampu. Sementara menurut Imam Maliki dan Imam Hanafi hukumnya adalah sunnah muakad (Sunah yang sangat dianjurkan)

Niat Umroh dan Doa-doa

Mantapkan hati dalam menjalankan ibadah dengan mengucapkan niat umroh serta bacaan doa-doa lainnya selama di tanah suci. Berikut ini adalah niat umroh yang perlu diamalkan.

  1. Niat umroh

    Seperti ibadah wajib atau sunnah yang mewajibkan Sahabat untuk mengucapkan niat terlebih dahulu, ibadah umroh pun demikian. Hal ini dimaksudkan agar tujuan kita semua saat melaksanakan ibadah umroh tersebut tersampaikan dengan jelas dan diberi kemudahan oleh Allah SWT. Berikut adalah niat umroh:

    Nawaitul ‘umrata wa ahramtu bihi lillahi ta’ala labbaika Allahumma ‘umratan.

    Artinya: “Aku niat melaksanakan umrah dan berihram karena Allah SWT. Aku sambut panggilanMu, ya Allah untuk berumroh.”

  2. Doa masuk Masjidil Haram

    Setelah membaca niat umroh, Sahabat dapat melanjutkan dengan masuk ke Masjidil Haram untuk melaksanakan tawaf sebanyak tujuh kali putaran memutari Kakbah.

    Bismillahi was shalatu was salamu ‘ala Rasulillahi allahummaghfirli dzunubi waftah li abwaba rahmatik a’dzu billahil ‘azhim wa bi wajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim.

    Artinya: “Dengan nama Allah, selawat dan salam untuk Rasulullah. Ya Allah! Ampunilah dosa-dosaku dan bukalah pintu-pintu rahmat-Mu. Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dan dengan wajah-Nya Yang Mulia serta dengan kekuasaan-Nya yang qodim (tidak berawal) dari setan yang dirajam.”

  3. Surat Al-Baqarah ayat 158

    Setelah melaksanakan tawaf, maka Sahabat dapat melanjutkan dengan melakukan sai atau berjalan bolak-balik sebanyak tujuh kali antara bukit Shafa dan Marwah. Seorang Muslim disunahkan membaca ayat Al-Baqarah 158 saat melaksanakan sai, yaitu:

    Innas shafa wal marwata min sya’airillah, fa man hajjal baita awi’tamara fala junaha ‘alaihi an yatthawwafa bihima, fa man tathawwa’a khairan fa innallaha syakirun ‘alim

    Artinya: “Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syi’ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sai antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, sesungguhnya Allah Maha mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui” (Q.S. Al-Baqarah: 158).

  4. Bacaan doa sai saat umroh

    Setelah membaca Al-Baqarah ayat 158, Sahabat dapat melanjutkan dengan membaca doa sai sebagai berikut:

    Ibda’ bima bada’allah

    Artinya: “Mulailah dengan apa yang dimulai oleh Allah.”

    Setelah itu, Sahabat dapat naik ke bukit Shafa hingga melihat Kakbah dan mengangkat tangan serta memuji Allah SWT dan memohon doa kepada Allah SWT sesuai keinginan masing-masing.

    umroh murah

Baca Juga: Travel umroh Surabaya Terbaik dan Terpercaya

  • Alamat : Kompleks Pesantren Tahfidz KEPQ Nurul Hayat, Jl. Gn. Anyar Indah No.48, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Kota SBY, Jawa Timur 60294
  • Website : nhumroh.com
  • Map : klik disini
  • No WA : 081233827372
  • Email : cs@nurulhayat.org

Agen Travel Umroh Surabaya terpercaya dengan pembimbing terbaik, menjadikan perjalanan ibadah Anda lebih bermakna.

Nomor Izin U.491 Tahun 2021

Email
admin@nhumroh.com

Follow Kami :

Lokasi

Head Office :
Perum IKIP Gunung Anyar B48, Surabaya

Copyright © 2024 PT Nur Hamdalah Prima Wisata