Paket
Fasilitas
Galeri
Chat me

Tips Menabung untuk Umroh

Tips Menabung untuk Umroh – Pergi ke tanah suci tentunya jadi impian semua muslim di dunia terlepas dari latar belakangnya apa. Oleh sebab itu, banyak orang yang rela mengumpulkan uangnya untuk pergi beribadah ke sana. Nah, biar usaha menabungmu dalam pergi ke tanah suci tak berat-berat amat maka perlu langkah jitu menyiasatinya. Jangan sampai uang yang sudah dikumpulkan sejak lama, ternyata dipakai untuk kepentingan lain yang akhirnya malah bikin kita gagal ke Mekkah-Madinah. Berikut beberapa tips menabung untuk umroh :

  • Menyisihkan 20% Pendapatan

Bila ingin cepat menunaikan ibadah umroh, tentu Anda perlu berkorban lebih besar. Seperti dengan menyisihkan sebesar 20% dari pendapatan tetap khusus untuk umroh. Semisal Anda mendapatkan gaji Rp10.000.000 per bulan, maka Rp2.000.000 dialokasikan untuk ditabung umroh. Jika Anda melakukan hal ini secara rutin, maka Anda bisa dengan segera pergi umroh dalam 3 tahun. Namun bila 20% terlalu berat, Anda bisa mengaturnya sendiri sesuai kemampuan finansial. Yang jelas kebutuhan sehari-hari Anda harus diprioritaskan terlebih dahulu supaya Anda tidak merasa tertekan saat menabung untuk umroh.

 

  • Memiliki Rekening Khusus Biaya Umroh dan Haji

Menabung di rekening sendiri mungkin lebih bebas dan fleksibel. Namun bila Anda ingin lebih teratur dalam menabung untuk umroh, sebaiknya Anda membuka rekening yang khusus untuk biaya umroh dan haji. Umumnya bank yang menyediakan jenis rekening ini adalah bank syariah.

Dengan menggunakan jenis rekening tabungan khusus ini, Anda dapat menentukan jumlah dana yang ingin dicapai, kemudian besaran dana yang harus dibayarkan per bulannya, serta jangka waktu target tercapai. Sehingga Anda dapat terhindar dari kebiasaan lupa dan malas menabung.

 

Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan untuk Haji

 

  • Pembiayaan Umroh

Ada cara lain yang bisa Anda pilih jika tidak ingin menunggu lama untuk pergi umroh. Yaitu dengan menggunakan pembiayaan umroh. Jenis pembiayaan ini memungkinkan Anda untuk pergi umroh terlebih dahulu sebelum melunasi biaya yang dibutuhkan. Dalam kata lain, pembiayaan ini juga disebut dengan kredit tanpa agunan umroh.

Atau bisa juga menabung di perusahaan travel khusus umroh juga dapat menjadi solusi. Untuk mendaftar sebagai calon jamaah, Anda perlu memberikan sejumlah DP atau uang muka. Setelahnya barulah Anda menabung untuk mengumpulkan sejumlah biaya sesuai paket yang dipilih. Cara ini dapat membantu Anda untuk lebih fokus dalam menabung. Namun perlu diingat untuk selektif dalam memilih perusahaan travel umroh yang akan Anda percayakan sebagai agen. Caranya dengan mencari tahu track record dari perusahaan atau agen tersebut secara detail. Selain itu cari tahu pula legalitas perusahaan serta kasus yang mungkin terkait dengan fasilitas menabung umroh di perusahaan tersebut.

 

  • Menghemat Pengeluaran

Jika ingin melakukan transaksi atau mengeluarkan uang untuk hal-hal yang dirasa tidak begitu perlu, kamu bisa mengalokasikan uang tersebut untuk biaya umroh yang memang membutuhkan banyak dana. Kurangi pengeluaran untuk hiburan atau keperluan yang tidak mendesak. Sebagai contoh, kamu bisa mengurangi frekuensi jajan kopi setiap hari dan mulai membuat sendiri di rumah atau kantor. Dengan mengurangi kebiasaan jajan yang tidak begitu mendesak, kamu bisa mengalokasikan dana yang biasanya digunakan untuk hal-hal tersebut ke pos tabungan biaya umroh.

 

Fokus pada menabung umroh, namanya niat tak akan sampai pada tujuan tanpa dibarengi dengan usaha. Nah, langkah awal dari niat kamu dalam pergi ke tanah suci adalah dengan fokus untuk menabung. Ya, sisihkan pendapatanmu untuk ibadah yang satu ini. Kalau perlu kamu bisa bikin rekening sendiri khusus tabungan ibadah umroh. Dengan adanya tabungan khusus ini, uangmu tidak akan terpakai untuk kebutuhan lainnya. Tak perlu banyak asal rutin, sehingga kelak tabunganmu cukup buat pergi ke tanah suci.

Semua orang sejatinya bisa saja untuk pergi ke tanah suci kalau punya manajemen keuangan yang baik. Apalagi kalau dimulai sejak dini, menabung sedikit demi sedikit lama-lama akan jadi bukit. Oleh sebab itu jangan pernah berkecil hati untuk ke tanah suci. 

 

Agen Travel Umroh Surabaya terpercaya dengan pembimbing terbaik, menjadikan perjalanan ibadah Anda lebih bermakna.

Nomor Izin U.491 Tahun 2021

Kontak

Head Office
Perum IKIP Gunung Anyar B48, Surabaya

Email
admin@nhumroh.com

Follow Kami :

Copyright © 2022 PT Nur Hamdalah Prima Wisata

0